Minggu, 24 Januari 2010

FUNGSI KURIKULUM

Didalam bukunya wisman, 2008 mengutip pendapat McNeil (1999) berdasarkan tujuan pendidikan isi kurikulum memiliki 4 fungsi yaitu:
1.Fungsi Pendidikan Umum
Kurikulum mempersiapkan peserta didik agar mereka menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab sebagai warga Negara yang baik dan bertanggung jawab.
2.Suplementasi
Kurikulum sebagai alat pendidikan seharusnya dapat memberikan pelayanan kepada setiap siswa sesuai dengan perbedaan yang dimiliki siswa seperti kemampuan, minat dan bakat.
3.Eksplorasi
Kurikulum harus dapat menemukan dan mengembangkan minat dan bakat masing-masing siswa
4.Keahlian
Kurikulum berfungsi untuk mengembangkan kemampuan anak sesuai dengan keahliannya yang didasarkan atas minat dan bakat siswa.
Fungsi kurikulum juga dibagi berdasarkan pelaku/lembaga yang berhubungan dengan pendidikan seperti:
1.Guru : kurikulum sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran
2.Kepala Sekolah : kurikulum untuk menyusun perencanaan dan program sekolah.
3.Pengawas : kurikulum sebagai panduan dalam melaksanakan supervisi
4.Orang tua : kurikulum sebagai pedoman untuk memberikan bantuan baik bagi penyelenggaraan program sekolah, maupun membantu putra/putrid mereka belajar di rumah sesuai dengan program sekolah.
5.Siswa : kurikulum berfungsi sebagai pedoman belajar.
Enam fungsi kurikulum untuk siswa (Alexander Inglis, 1990) yaitu :
•Fungsi Penyesuaian
•Fungsi Integrasi
•Fungsi Diferensiasi
•Fungsi Persiapan
•Fungsi Pemilihan
•Fungsi Diagnostik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar